Apakah anda menghitung dan menganalisa apakah resmi jika tata beton di ganti jadi konstruksi baja akan kian mahal? ……

saya memiliki sedikit pengetahuan menarik mengenai perhitungan berikut,

dari dulu saya begitu penasaran untuk mengetahui jarak harga rumpang konstruksi kerikil dan baja. kalo abdi tanya orang2 ahli rupa, mahal mana antara tata beton dan baja? dia langsung memidana dengan tantangan ” tentu mahal baja… ” tanpa pembuktian secara perhitungan namun demikian berdasarkan dugaan. saya pun mangut-mangut sekadar, karena beta pun gak bisa memikirkan struktur untuk saya rancangan dan dibuktikan sendiri….

baru kali ini hamba punya balasan atas perbincangan yang saja mengganjel fikrah saya, kebetulan ada wahid bangunan yang di jumlah dengan 2 jenis konstruksi yang bertentangan, yang wahid dengan syarah baja & yang tunggal menggunakan konstruksi beton. al-hasil saya rancangan biaya konstruksinya berdasarkan analisa standar nasional indonesia…adalah:

untuk biaya susunan bawah, konstruksinya sama, sedari pondasi incar file, sloof dan poorplate. tapi tatkala saya mengira-ngira biaya lapangan mulai terselip perbedaan martabat antara desain beton & baja. di dalam item itu saya medapati harga landasan beton lebih murah pada banding landasan baja, sebab dimensi kolom beton yang di membubuhkan sama dengan dimensi kolom baja. di dalam dimensi kolom beton memakai ukuran 40cm x 40cm, kalau di konversi di baja jatuhnya menggunakan baja WF 400…. setelah pada hitung pajak kolom beton jauh lebih murah dibanding kolom baja, jadi aku memutuskan untuk kolom uniform menggunakan lapangan beton….

distributor besi beton jakarta  berikutnya saya start menghitung pembalokan. ternyata di dalam perhitungan pembalokan ada yang mengagetkan. sehabis saya rancangan biaya balok beton beserta dimensi 30/50, dengan tulangan 8d16, tulangan puntir 2d12, dan untuk sengkang d8-125. lalu dalam konversi ke balok beton dan merupakan dimensi semen WF 300. lalu hamba hitung balik biaya konstruksinya dengan menggunakan analisa pajak satuan SNI ( status nasional nusantara ) serta hasilnya bea konstruksi baja lebih banyak dari tata beton.. silahkan lihat analisanya pada file pdf.

sehabis menghitung dana bangunan itu, langsung bisa saya simpulkan, bahwa untuk konstruksi kolom, saya memakai konstruksi kerikil, karena lingkungan beton terbukti lebih permulaan. dan pada pembalokan beta memutuskan secara menggukan desain baja, sebab baja benar lebih perlahan. jadi konstruksi saya mix berdasarkan mutu yang termurah…

mungkin dari hasil kepandaian saya anda bisa menyelidik ulang apakah pada pembalokan, anda hendak menggunakan desain beton / konstruksi baja…..,

selamat menganalisa dan menimbang-nimbang ulang perbuatan anda. apakah anda mau memutuskan sekujur bangunan secara menggunakan desain beton ataupun konstruksi baja atau…. dalam mix (dicampur) antara lapangan beton dan balok baja.